Banyak yang harus kita ketahui dalam dunia ini. Jangan pantang menyerah untuk selalu mencoba dan jangan pernah takut dalam kegagalan, karena kegagalan awal dari keberhasilan. Tapi tidak termasuk gagal ginjal,hhhaha KIDDING mode On!!!!!!

Jumat, 17 Juni 2011

Konsep Brand Personality

Oleh: fernando, Tanggal: 2011-06-15 11:48:12

Jadi inti dari personal branding adalah tentang bagaimana Anda melakukan self-packaging, dengan melakukan sesuatu hal yang memiliki nilai unique yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dan keuntungan dari personal branding ini adalah Anda lebih mudah untuk diingat dan menjual sebuah produk/jasa Anda di dunia nyata bahka di internet. Sebagai contoh Tung Desem Waringin saat melemparkan uang dari pesawat senilai lebih dari 100juta. Setiap saya ingin memperkenalkan dia ke orang lain, salah satu hal yang sering saya sebutkan kepada orang lain adalah , "ingat ga ada orang yang dulu sempet membuat hujan uang , dan diliput oleh berbagai media di 5 benua di dunia ?" .. biasanya orang akan ingat, karena begitu kuatnya branding yang dibuat saat itu, terjadi kehebohan dan semua orang menceritakan satu sama lainnya tentang hal ini.

Lalu bagaimana Anda membuat branding untuk diri Anda sendiri ? Anda mungkin tidak berpikiran untuk melakukan hujan uang kedua, ataupun hal edan lainnya.. branding bisa dilakukan dengan menggunakan tagline yang mencerminkan siapa Anda. seperti KoharOnline adalah Empowering Your Internet BUSINESS , dan juga menggunakan logo sehingga mengingatkan kepada orang siapa Anda. Dan biasanya jika branding Anda kuat, akan lebih memudahkan Anda dalam menjual produk dan jasa Anda di internet. Branding juga bisa dengan mengenalkan siapa Anda di internet (positioning) . Misalkan seperti, Siapa Anda dilanjutkan dengan apa keahlian Anda. Seperti : Ali Akbar Pakar SEO , atau Suwandi Chow sang Copywriter, atau mungkin nama Anda ahli Viral Marketing , nah apapun itu, bisa menjadikan personal branding yang bagus.

Kembali ke judul, mengapa kali ini saya mengatakan Personal branding ala michael jackson, dalam salah satu artikel Hermawan Kertajaya di kompas.com  dengan judul Berbicara Tentang Michael Jackson , diceritakan bahwa (saya langsung mengutip dari web aslinya)

" Ketika ia masih hidup, banyak orang yang terwah-wah dengan hasil seni yang ia ciptakan, lihat saja gaya outfit -nya yang membuat orang berpikir bahwa pakaian bergaya militan adalah bagian dari dunia pop. Lihat pula berbagai praktek kolaborasi yang ia lakukan (di studio, di atas panggung, atau di dalam video klip) bersama artis lain baik itu penyanyi, gitaris, aktor dan artis film, sutradara, sampai simpanse dan panther sekalipun. "

" Berita tentang kematiannya belum lama ini didapati orang bukan lagi lewat Televisi atau bahkan omongan tetangga dan orang-orang di kantor. Kalau 10 tahun yang lalu, mungkin begitu adanya. Tapi sekarang di era New Wave yang serba terkoneksi, informasi bisa didapatkan di mana-mana, disebarluaskan oleh siapa saja, dan semuanya secara real-time . Tak heran kalau mungkin lebih banyak orang yang pertama kali mendengar berita MJ meninggal malah lewat situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook ketimbang TV.

Kematiannya memicu eksploitasi besar-besaran jejaring sosial . Dan ketika itu kita melihat betul bahwa dunia memang sudah semakin berubah, di mana dengan adanya Twitter, Facebook, dan lain sebagainya, ucapan bela sungkawa pun bisa dikoordinir secara komunal.

Google, salah satu simbol connector di planet New Wave , sempat ’mati’ selama 35 menit ketika jutaan orang yang mengetik nama Michael Jackson malah diberi respon ’error page.’ Menurut Google, ketika itu ada semacam gunung meletus di mana mayoritas dari peringkat 100 pencarian terbanyak ketika itu adalah tentang Michael Jackson. Di Facebook, fan page MJ dapat menarik sekitar 20 orang fans per detik. Belum lagi di Yahoo, di mana sebuah blog berjudul ”Losing Michael Jackson” mendapatkan traffic terbanyak sepanjang masa di mana ia dikunjungi 16.4 juta pengunjung, lebih banyak ketimbang isi blog mengenai pemilu di Amerika serikat yang mana dicatat oleh Yahoo mendapatkan pengunjung sebesar 15.1 juta orang. "

Anda bisa melihat betapa hebatnya saat seseorang yang memiliki personal branding yang begitu kuatnya, meninggalkan dunia ini ? Bahkan sampai google yang begitu besar saja bisa mati selama 35 menit, Sudahkah Anda melakukan branding di bisnis internet Anda, sedemikian sehingga brand Anda semakin dikenal dan dibicarakan oleh orang lain. Pastikan brand tersebut memiliki nilai tambah atau nilai unik sedemikian sehingga ada yang bisa dibicarakan kepada orang lain. Dan saat Anda meluncurkan sebuah produk baru, sudah banyak orang yang memiliki tingkat awareness yang tinggi terhadap produk/jasa baru Anda tersebut di internet.

Saya juga baru memulai branding melalui internet ini belum terlalu lama, mari kita sama-sama membangun branding dari awal, dengan belajar dari yang ahli, dan mau terus membuka pikiran akan hal baru tentang branding dan strategi internet marketing lainnya. Karena tanpa adanya branding, tidak ada yang diingat di otak prospek Anda.

Nah, mengenai hermawan kertajaya, dia adalah salah satu panutan saya dalam dunia marketing secara konvensional, saya banyak mendapatkan ide-ide cemerlang dari dia, yang memang harus sedikit diolah lagi untuk menghasilkan sebuah strategi yang tepat di dunia internet. Dan jika Anda melihat bahwa hermawan kertajaya pun melakukan personal branding, saat orang ingat hermawan kertajaya maka dia akan ingat juga akan marketing, karena begitu kentalnya nilai marketing didalam dirinya. So, pastikan Anda melakukan segmentasi ingin dikenal sebagai siapa Anda. Ini sangat penting dalam hal pengerjaan produk digital pertama Anda, karena dengan begitu Anda akan lebih mudah menjual di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar